Hai SOBAT saya cuma ingin Menerangkan dan lebih menjelaskan apa Itu Finance... terutama bidang Debt Colektor... Sesuai bidang pekerjaan saya selama Kurang lebih 3 tahun bekerja dengan TEAM KOLEKTOR saya... Untuk Pertama saya Jelaskan apa Itu Debt Colektor, Sesungguhnya Tugas pokok ialah Menginggatkan dan Menegur Konsumen/Nasabah yang JTP ( jatuh tempo pembayaran ) sudah melewati batas dan tentunya menjaga hubungan baik antara konsumen dan pihak finance ataupun bank yang bersangkutan.

Next. Kedua Ialah , Menerima Uang anggsuran nasabah serta Memberikan tanda bukti Kuitansi Dari Perusahaan kepada nasabah dengan tidak menambahi, mengurangi, ataupun membawa lari uang nasabah.. Serta Menjaga Kepercayaan Nasabah sampai Pelunasan Nanti.,

Rabu, 13 April 2011

Istilah-istilah Dalam Dunia Finance atau Bank bagi orang AWAM

SALES / Marketing = Orang yang bertugas menjelaskan produk ataupun mencari pembeli dalam hal ini Saya masukan dalam pembelian Montor... Sales pun masih dibagi 

SALES COUNTER = Lebih Mirip Costumer servise bertugas didalam dealer mencatat data nasabah di  dealer

KDH (koordinator Sales) = mengatur SALES dan mempunyai kewenangan dalam mengatur area penjualan

CMO (credit marketing officier) Lebih dikenal Survey atau dibank BRI disebut "MANTRI" menilai layak atau tidaknya nasabah, selain itu CMO berhak menolak nasabah yang menurutnya bermasalah,,.

CMS (credit marketing analis) bisa disebut kepala survey,  mengatur serta mengawasi kinerja mereka...

REMEDIAL ialah juru tarik intern perusahaan dengan dilengkapi ID card dan surat tugas resmi. mengerjakan tunggakan lebih dari 3 bulan. dengan tujuan penarikan atau pelunasan nasabah..

EXTERNAL .. Ini yang marak biasanya mereka bekerja bergerombol di per4 an, atau dijalan besar bisa dipangil (tukang NGEPLAT) kenapa ngeplat karena mereka membawa buku besar berisi ribuan plat nomor didaerah mereka, biasanya mereka ikut PT tanpa kesejahteraan, tapi mereka mendapat perlindungan dalam arti jika ada kasus Pihak bank atau finance berani membayar mahal agar bisa keluar Lagi..

10 komentar: